Recents in Beach

Pengenalan Dasar Bagian 1

Bertemu kembali bersama saya, kali ini kami ingin membahas secara singkat mengenai pengenalan dasar jaringan. Salah satu yang ingin kami bahas disini adalah tentang OSI layer yang memang sebelumnya sempat kami bahas juga di artikel yang lalu yang bisa kalian cek disini. Meski sudah sempat dibahas, namun tidak ada salahnya jika saya ulas kembali secara singkat disini.
Saya akui memang bagi sebagian orang untuk menghapalkan ketujuh nama OSI layer ini ada kesulitan. Tidak mengapa memang, namun sebagai seorang engineer kita diwajibkan kalau bahasa saya begitu, untuk tahu dan bahkan hafal minimal tiga layer OSI saja karena dengan begitu kita dapat menunjukkan apa bedanya antara Hub, Switch dan Router yang dimana ketiganya berada pada layer yang berbeda sehingga akan memiliki cara kerja yang berbeda pula. Apa sajakah itu? Mari kita cek tabel berikut ini:

Layer
Nama
Perangkat
Data Unit
Pengalamatan
Layer 1
Physical
Hub
Bit
0111001110
Layer 2
Data Link
Switch
Frame
MAC Address
Layer 3
Network
Router
Packet
IP Address

Lebih detail lagi mari kita lihat tabel berikut ini:

Perangkat
Layer
Konektivitas
Pengiriman Data
Memori
Hub
Layer 1
Antar network yang sama
Broadcast ke semua port
Tidak ada
Switch
Layer 2
Antar network yang sama
Berdasarkan MAC Address Tujuan
MAC Address Table
Router
Layer 3
Antar network yang berbeda
Berdasarkan IP Address Tujuan
Routing Table

Ok saya rasa untuk OSI Layer cukup, sekarang kita bahas sedikit tentang tipe network, mari kita lihat tabel beriktu terlebih dahulu.


Jadi, dari tabel diatas bisa kita simpulkan bahwa tipe network terbagi menjadi 3 berdasarkan jaraknya:
  1. LAN: Bandwidth kecepatan tinggi, jarak jangkauan terbatas, kabelnya UTP dan Optic.
  2. MAN: Bandwidth kecepatan tinggi, jarak jangkauan satu kota, kabelnya Optic.
  3. WAN: Bandwidth kecepatan rendah, jarak bisa antar pulau ataupun antar negara, kabelnya Serial
Ok saya rasa cukup untuk artikel ini, jika ada yang kurang jelas atau perlu ditambahkan atau bahkan perlu dikoreksi, saya sangat berterima kasih kepada siapapun yang bersedia untuk meluangkan waktunya dan memberitahukannya kepada saya.

Silahkan tulis komentar teman-teman dibawah ini atau bisa kirim email melalui form yang telah disediakan disini. Terima kasih dan sampai jumpa di coretan kami berikutnya.

Post a Comment

0 Comments